Tuesday, December 11, 2012

Karburator Berkeringat ?

Tadi pagi saat jetting karburator kok karburatornya berkeringat sampai netes-netes air?

Adakah yang bocor?

Seal bocor?

Darimanakah sumber airnya? Dari bensin?


Setelah googling-googling, ternyata fenomena karburator berkeringat adalah biasa.

1) Almost all carburetors use a venturi to draw fuel in to the air stream and atomize the fuel. Air on the front face of the carb is at atmospheric pressure, and there is a vacuum on the other side. Moisture or Humidity in the air is normal, and "sweat" forms because of the cooling effect of the carburetor body by the changes in pressure and flow of air. Compression of that air in the cylinder actually heats it, and the moisture vaporizes in the combustion chamber. Under most circumstances this should not cause any engine problems.
 
2) Well when gasoline is vaporized it cools dramatically. So, if the temp of the metal drops below the dew point you will get condensation on the outside of the carb

Jadi penyebabnya adalah :

- Pendinginan pada badan karburator. Pendinginan disebabkan oleh udara masuk dengan kencang. Pendinginan juga disebabkan oleh penguapan/pengkabutan bensin.
- Evaporasi udara, akibat proses pengkabutan antara bensin dan udara. Udara yang lembab mengandung air. Nah kandungan air inilah yang juga menyebabkan banyaknya keringat air.

Jadi jangan resah galau gulanda lagi yah kalau karburator berkeringat :) .


13 comments:

Anonymous said...

mas sya pumya f1z 99, tp ada maslah letika tanjakan kya gak ada tenaga gtu, loyo pisan, trus satu lagi klo karbu berkeringat itu keborosan apa enggak,,mhon bantuanya mas..mksih

mulyanto said...

1. Kurang tenaga atau kurang torsi. Solusinya a. tenaga mesin diperbaiki b. gear depan pakai 13, gear belakang pakai besar 38-40

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/07/20/f1zr-cara-meningkatkan-performa-f1zr/

2. karburator berembun itu embunnya dari udara bebas diluar karburator, bukan bensin bocor/menguap.

Barkokok pagiharimintamakan said...

Assalamualaikum....klo piston diganti trus karburatorNya dibikin irit bisa gak bang?

mulyanto said...

bisa

Anonymous said...

mas yanto,.fiz sya sama 99, itu jga ska gtu, klo d pke nanjak,langsung dehh ngeden gak ada tenaga.pdhal gir ukuran 39,.solusi nya gmn nih,,trus knpa ya klo perpindhan gigi atas ke bawah suka sambil ada suara beletrook,keraas banget,,mhon pencerahan nya mas,

Anonymous said...

mas yanto,.fiz sya sama 99, itu jga ska gtu, klo d pke nanjak,langsung dehh ngeden gak ada tenaga.pdhal gir ukuran 39,.solusi nya gmn nih,,trus knpa ya klo perpindhan gigi atas ke bawah suka sambil ada suara beletrook,keraas banget,,mhon pencerahan nya mas,,trimkasihh

mulyanto said...

kurang tenaga :
- setting karburator ngga pas
- kompresi kurang, blok head ngga rapat, ring seher oblak
- kampas kopling aus
- dsb

Yong Motor said...

Mas Mulyanto Said
mas saya punya bison ngak mau setabil gasnya ,disetel baut seteran gas dikit putaran mesin naik sapai 4000rpm,seteran gas diputar turun 1/4 putaran ,putaran mesin turun terus mati,...mohon bantuannya mas ,mksih

mulyanto said...

haduh saya ngga punya byson, bukan bengkel pula. Ngga ngerti saya tentang karburator bison :)

gamb cool said...

mas bro ger depan 13 dan ger belakng 35 enakan enggak?

Michael Peter said...
This comment has been removed by the author.
Michael Peter said...

mas,kira" menurut mas kalo pake final gear 15-36 bakal ngerusak mesin ngga mas, krna sblumnya 14-36, motor saya yamaha Alfa IIR 94.. Thx mas

Anonymous said...

Jadi Karburator Berkeringat Itu G Masalah Y Pak,, G Ada Efek Samping Buruk Bagi Mesinnya.. Ini Honda Blade Ane Setelah Diporting Polish Jadi Berkeringat..