Saturday, December 08, 2012

Nanya Cor Dak


Salam kenal mas Mulyanto,
Saya sering mengunjungi blognya mas Mulyanto,dan isinya bagus banyak memberikan pencerahan.Mas Mulyanto kami ingin membangun rumah dan kam ingin atapnya pakai dak cor semuanya,rencananya sih kalau ada biaya bisa bisa di tingkat menjadi dua lantai.Mohon pencerahanya mas Mul,bagaimana cara menghitung kebutuhan dak cor itu?
Terimakasih.
——————————————————————–
Jawab :
Salam kenal juga,
Sebelumnya mohon karena saya bukan profesional di bidang konstruksi, yg ditulis di blog cuman pengalaman pribadi waktu membangun rumah sendiri 2-3 tahun lalu. Jadi sudah banyak lupa, kalau disuruh menghitung yah harus mikir dan mengingat-ingat. Makanya salah satu tujuan blog adalah untuk dokumentasi. Intinya cara menghitung kebutuhan dak cor itu :
1. Menghitung volume adonan, terus dihitung volume semen, pasir dan batu splitnya.
2. Menghitung luas dak cor, terus dihitung besi, papan, dan penyangga2-nya.
Semua hitungan dibuat dengan ideal tidak ada adonan yang tercecer/terbuang, tidak ada kesalahan komposisi adonan.
Berikut contoh yang sudah ada di blog saya :
Untuk dak/cor seluas 30 m2, misalnya panjang lantai 6 m dan lebar lantai 5 m. Dibutuhkan besi pada tiap 20 cm di setiap sisinya. Pada bagian panjang 6 m, dibutuhkan besi 5 m untuk setiap 20 cm. Total besi 5 m yang dibutuhkan adalah 6 m / 20 cm = 6/0.2 = 30 batang besi 5 m. Karena panjang besi utuh adalah 12 m maka jumlah besi yang dibutuhkan adalah 15 buah besi 12 m.Pada bagian panjang 5 m, dibutuhkan besi 6 m untuk setiap 20 cm. Total besi 6 m yang dibutuhkan adalah 5 m / 20 cm = 5/0.2 = 25 batang besi 6 m. Karena panjang besi utuh adalah 12 m maka jumlah besi yang dibutuhkan adalah 30 buah besi 12 m. Cor untuk atap bisa pakai besi 8 mm, untuk lantai memakai minimal 10 mm.
Itu jika hanya pakai satu rajutan besi. Biasanya untuk lantai pakai 2 rajutan besi.
Untuk dak/cor ada jawabannya juga di
http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/09/cara-katro-menghitung-material-tembok/
di bagian comment-nya. Berikut copasnya :
Pak Mul, kira-kira berapa biaya membangun “emperan’ rumah ukuran 2,2 m x 10 m 2 lantai dengan dak cor, lantai bawah untuk 1 kamar dan dapur, lantai atas untuk jemuran (tanpa atap tentunya, hehe…). Makasih.
================================================
Mulyanto :
Wah saya tidak punya pengalaman dan pengetahuan (bukan asal tahu tapi ilmunya) tentang dak cor. Apalagi kalau tidak ditopang empat sisi tembok. Kalau emperan rumah itu kan nempel ditembok yang sudah ada kan? Berarti beda perhitungan kolom dan ring balok-nya. Nah itu saya tidak tahu ilmunya, wong saya bukan tukang insinyur sipil . Tetapi saya sarankan untuk merevisi ukuran, jangan 2.2 x 10 karena akan boros besi dak-nya. Panjang besi itu 12 m akan efisien bila ukuran emperan 2 x 10 m. Jadi satu batang besi bisa dipotong jadi 10 m untuk besi dak yang membujur, dan sisanya 2 m buat besi dak yang melintang. Perlu diperhatikan panjang 2 m itu panjang dak yang harus dikomunikasikan ke tukang sebelum menggali pondasi atau mendirikan kolom (tiang). Sebenarnya mungkin bisa dibuat (asal-asalan , tapi dengan pertimbangan ada satu sisi yang tidak ditembok penuh) ukuran kolom/ring-balok 30 cm x 15 cm yang isinya 6 batang dengan ukuran begel 30 x 15. Jadi besi yang dibutuhkan :
- Rajutan besi untuk dak cor ukuran 2 x 10 m
- 6 buah kolom 3m dgn ukuran 30 cm x 15 cm berisi 6 batang tiap kolomnya
- 2 buah ring-balok 10 m dgn ukuran 30 cm x 15 cm berisi 6 batang tiap ring-balok
- 3 buah ring-balok 2m dgn ukuran 30 cm x 15 cm berisi 6 batang tiap ring-balok
- 2 buah sloof 10 m dgn ukuran 15 cm x 15 cm berisi 4 batang tiap sloof-nya (ukuran biasa)
- 2 buah sloof 2m dgn ukuran 15 cm x 15 cm berisi 4 batang tiap sloof-nya (ukuran biasa)
Berapa batang besi 10 mm?
- Rajutan besi untuk dak cor ukuran 2 x 10 m
jumlah besi membujur yang dibutuhkan :
2 x 2 m / 0.2 = 20 batang (sisa 20 batang dgn panjang 2 m)
jumlah besi melintang yang dibutuhkan :
2 x 10 m / 0.2 = 100 buah. 1 batang bisa dipotong jadi 6 buah ukuran 2 m. Jumlah batang yang dibutuhkan = (100-20)/6 = 14 batang
Besi 10 mm yang dibutuhkan untuk dak cor adalah 20 + 14 = 34 batang besi 10 mm.
- 6 buah kolom 3m = 6 x 6 x 3 m = 108 m = 9 batang
- 2 buah ring-balok 10 m = 2 x 6 x 12 m = 12 batang (sisa 12 batang dgn panjang 2 m)
- 3 buah ring-balok 2m = gunakan sisa 12 batang dgn panjang 2 m + 1 batang
- 2 buah sloof 10 m = 2 x 4 x 12 = 8 batang (sisa 8 batang dgn panjang 2 m)
- 2 buah sloof 2m = 2 x 4 x 2 = gunakan sisa 8 batang dgn panjang 2 m
Total besi 10 mm untuk sloof-kolom-ringbalok adalah 9 + 12 + 1 + 8 = 30 batang besi 10 mm
Berapa jumlah besi 8 mm untuk begel ?
- 6 buah kolom 3m = 6 x 3 / 0.15 = 120 begel ukuran 30 x 10
- 2 buah ring-balok 10 m = 2 x 10 / 0.15 = 133 begel ukuran 30 x 10
- 3 buah ring-balok 2m = 3 x 2 / 0.15 = 39 begel ukuran 30 x 10
- 2 buah sloof 10 m = 2 x 10 / 0.15 = 133 begel ukuran 15 x 10
- 2 buah sloof 2m = 2 x 2 / 0.15 = 26 begel ukuran 15 x 10
Satu batang besi 8 mm panjangnya 12 m, untuk begel ukuran 30 x 10 didapat jumlah begel 12 /(30 + 5 + 10 + 5) = 24 buah.
Untuk begel ukuran 30 x 10 dibutuhkan 120 + 133 + 39 = 292 = 292/24 batang = 13 batang besi 8 mm.
Untuk begel ukuran 15 x 10 didapat jumlah begel perbatang adalah 12 / (15 + 5 + 10 + 5) = 34 buah. Total begel 15 x 15 yang dibutuhkan adalah 133 + 26 = 159 = 5 batang besi 8 mm.
Total besi 8 mm yang dibutuhkan adalah 13 + 5 = 18 batang.
Total besi 10 mm yang dibutuhkan 30 + 34 = 64 batang besi 10 mm
Volume cor :
- dak cor ukuran 2 x 10 m tebal 15 cm = 2 x 10 x 0.15 = 3 m3
- 6 buah kolom 3m dgn ukuran 30 cm x 15 cm = 6 x 3 x 0.3 x 0.15 = 0.81 m3
- 2 buah ring-balok 10 m dgn ukuran 30 cm x 15 cm = 2 x 10 x 0.3 x 0.15 = 0.9 m3
- 3 buah ring-balok 2m dgn ukuran 30 cm x 15 cm = 3 x 2 x 0.3 x 0.15 = 0.27 m3
- 2 buah sloof 10 m dgn ukuran 15 cm x 15 cm = 2 x 10 x 0.15 x 0.15 = 0.45 m3
- 2 buah sloof 2m dgn ukuran 15 cm x 15 cm = 2 x 2 x 0.15 x 0.15 = 0.09 m3
Total volume cor total (VCT) = 5.52 m3
Volume semen cor total (VSCT) = 5.52/6 = 0.92 m3
Volume pasir cor total (VPCT) = 5.52/6 x 2 = 1.84 m3
Volume batu split total (VBST) = 5.52/6 x 3 = 2.76 m3
Jumlah bata dan volume adonan pasang:
1 sisi tembok 3 x 10 m, 3 sisi tembok 3 x 2 m. Total luas tembok = 48 m2. Jumlah bata = 48 x 57 = 2736 bata.
Volume adonan pasang tembok (VPT) adalah 0.000544 m3 x 2736 = 1.5 m3
material pondasi:
Volume batu pondasi (VBt) = 0.168 m3 x (10 + 2 + 2 + 2) = 2.688 m3
Volume adonan pasang pondasi (VPP) = 0.072 m3 x 16 = 1.152 m3
volume adonan pasang total adalah VPP + VPT = 1.152 + 1.5 = 2.652 m3
Pasir pasang yang dibutuhkan jika perbandingan semen : pasir = 1:4 adalah 0.8 x 2.652 = 2.1216 m3
volume semen yang dibutuhkan untuk adonan pasang (VSP) adalah 0.2 x 2.652 m3 = 0.5304 m3.
Jumlah semen total yang dibutuhkan adalah VSP + VSCT = 0.5304 + 0.92 = 1.4504 m3.
Jumlah zak semen 50 kg yang dibutuhkan adalah = 1.4504 / 0.0332 = 44 zak semen 50 kg.
Capeee dehhhhh ngitungnya hahahahahha
Material yang dibutuhkan :
- 18 batang besi 8 mm.
- 64 batang besi 10 mm
- kawat 5 – 10 kg
- 3 kubik batu pondasi
- 2 kubik pasir cor
- 3 kubik batu split
- 2736 bata
- 3 kubik pasir pasang
- 44 zak semen 50 kg
Biaya lain
- upah tukang
- sewa molen
- dll
Perhitungan belum biaya plester tembok, lantai dan finishing.
Mohon maaf hanya itu yang saya bisa bantu.

15 comments:

Anonymous said...

perlu dicatat juga beda merk beda ukuran besi.
say pernah jumpai besi merk X ukuran 10mm ternyata ukurannya cuma setara 8mm pada merk Y

mulyanto said...

yah itu namanya 10 mm banci. Bukan salah toko sih, banyak macam standarnya. Ada SSI, ada KSI dsb. Ngakunya sama 10 mm, kenyataannya beda2 :D .

AmS said...

Mohon ma’af, Mz, izin bertanya.
kalau membangun bangunan dengan 4 lantai, besi yang cocok digunakan itu ukuran berapa agar kuat dan tahan lama?
Juga untuk kolomnya, ukurannya berapa dan jumlahnya berapa?
Terima kasih, Mohon dibales y ,.

Parafu said...

pak saya mau cor septitank yg nantinya akan jadi lantai rumah (septytank dalam bangunan rumah).
Ukuran 3 x 3 meter. Kedalaman 2,5 meter. Lalu 3x3 meter ini saya bagi 2 (tabung tinja dan tabung peresapan). Jadi ukurannya 1,5 x 3 meter.
Pertanyaannya:
1. Berapa ketebalan cor lantai
2 berapa ukuran cor tiang penyangganya
3. Berapa ukuran besi yg dibutuhkan (SNI), utuk tiang dan untuk lantai
4. berapa jarak antara tulang kerangka besi lantai tsb.
5. Apakah kerangka besi (no.4) perlu lapis 2 atau cukup 1 saja.
6. Terima kasih.

Mohon dibalas ya,
kirmanmpeke@gmail.com

Suripto Bentu said...

surip di PWT :
pak berapa banyak batu yang di perlukan untuk pondasi rumah ukuran 9x6 m . trimaksih sangat atas jawaban nya .

Suripto Bentu said...

surip di PWT :
pak berapa banyak batu yang di perlukan untuk pondasi rumah ukuran 9x6 m . trimaksih sangat atas jawaban nya .

Anonymous said...

Selamat pagi mas'Mulyanto

maaf mas' saya mau menanyakan tentang rajutan besi untuk dak.

Pada artikel diatas ada dak / cor seluas 30 m2 dengan panjang 6 m dan lebar 5 m. Maka besi yang dibutuhkan pada setiap sisinya 20 cm.

Panjang 6 m = 6 / 0,2 = 30 batang besi 5 m. Jika besi pajangnya 12 m, kenapa besi yang dibutuhkan bisa 15 batang besi 12 m mas' ?

kalo saya hitung 30 batang x 5 m = 150 m lalu dibagi 12 m hasilnya 12,5 batang mas'. Sekalian minta itungin rajutan besi untuk ukuran 6 m x 15 m mas' *hehehe*

mohon pencerahannya iya mas', terima kasih - Ary

torrespetit.com said...

solmt sore Gan..sy ingin bikin jalan cor kampung dgn ukuran 0.7x2mx110...yg ingin sy tanya kan brp zak semen,pasir brp m3,split brp m3?mohon penjelasan tq

kang ndang nu bageur said...

Kang mul yg sy hrmati...sy mau nanya kebutuhan besi beton untuk pengecoran dak ukuran 7m x 2,5m mksh atas bantuanya hormat saya nandang

devi supriyadi said...

Maaf pa kalo bikin dak untuk rencana 2 lt...19 x 7 m tukangku pake besi 8mm. Tiang2nya....ngga papa tuh?aduh udah terlanjur....mgadeuk ni dah mau ngecor malah,,,ada solusi mks deci

devi supriyadi said...

Maaf pa kalo bikin dak untuk rencana 2 lt...19 x 7 m tukangku pake besi 8mm. Tiang2nya....ngga papa tuh?aduh udah terlanjur....mgadeuk ni dah mau ngecor malah,,,ada solusi mks deci

Anonymous said...

pagi pak ,saya mau tanya, saya ingin bangun rumah dengan ukuran panjang 8 m dan lebar 9 m, yang jadi pertanyaan saya berapa banyak besi yang perlu saya gunakan sebagai pondasi cakar ayam dan lantai, karena rumah ini akan bertingkat dua, besi ukuran berapa yang mampu menahan nya,karena dilantai dua akan berisi tandon air dengan kapasitas 1200 liter dan 1 gudang serta taman gantung

gahax rawa said...

Asslmlkm,

Maaf, kiranya sy diajari cara ngecor lubang air limbah di pekarangan yg diatasnya akan dilalui kendaraan truk colt diesel bermuatan kurang dari 10 ton, (suka parkir), ukuran lubang resapan setelah dicincin dengan pasangan bata tanpa plesteran, antara pasangan bata dg dinding tanah dilapisi ijuk, supaya air kotor bisa terserap tanah, dan lantai lubang, tanah, dinding pasangan bata bolong, tanpa tulangan besi/cor, hanya bata salaman saja, ; panjang 1.8m, lebar 1.4m, dalam 4m, bahan yg ada besi 10mm banci = besi 8mm, dg ada sisa besi gelang/sengkang, besi/kawat 5 apa 6mm.

Minta tolong, cara membuat rajutan besinya, dg tebal cor an nya berapa cm, serta adukannya.

Terimakasih.
Wassalam.

gahax rawa said...

Mas, tolong kalo mas jadi ngejawab, kirim juga ke gahaxrawa@gmail.com dg gahaxrawa@yahoo.co.id

Maklum, akses di tmpt kt rada sulit, trims.

edo said...

numpang tanya pak ,Kalau saya mau cor dak lantai 2 secara bertahap (maaf dana mepet )dan belum tahu kapan ?
1. Apakah aman?(retak/pecah/bocor)
2. Jika aman (gimana stuktur besi harus di buat?
3.Apakah harus pakai lem beton atau apa?
Terima kasih .