Saturday, December 08, 2012

[Samsat] Cabut Berkas Kendaraan Itu Mudah Dan Murah

Artikel saya di  mulyantogoblog.wordpress saya pindahkan kesini :


Mobil saya masih ber-plat kodya bahkan pemilik sebelumnya sudah pindah alamat! Praktis tidak ada KTP asli jadi sulit bayar pajak atau perpanjang STNK, apalagi kalau diblokir oleh pemilik alamat asli (alamat yng tertera di STNK). Alhamdullilah cabut berkas kendaraan untuk mutasi itu mudah dan murah. Kalau pakai calo atau biro jasa malah mahal dan sulit :) .
Tadi pagi saya baru cabut berkas mobil di Samsat Bandung Timur, seberang Carefour Kiaracondong. Prosedurnya :
1.) Parkir mobil dulu, jangan masuk jalur cek fisik dulu.
2.) Masuk pintu depan langsung ke loket “CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”. Letaknya di pojok kiri, paling ujung. Mintalah formulir cek fisik, jangan ambil no antrian.

Masuk pintu depan langsung ke loket “CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”. Letaknya di pojok kiri, paling ujung.


CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”

3.) Isi formulir cek fisik, pindahkan kendaraan ke area cek fisik.


Kijang abu-abu, kijang merah marun dan sedang hitam sedang antre cek fisik



Sebuah sedan biru sedang dicek fisik, sebuah motor sedang antre untuk cek fisik

4.) Saat mobil siap cek fisik (antrian terdepan). Buka kap mesin dan serahkan formulir pada petugas cek fisik (1 lembar formulir, 1 lembar stiker, 1 lembar tempat menempel stiker). Petugas akan menggesek nomer rangka dan nomer mesin. Kemudian menempelkan stiker hasil gesekan pada tempatnya. Selesai sudah cek fisik. Kembali pindahkan mobil/motor ke area parkiran.
5.) Serahkan BPKB asli, STNK asli dan KTP asli (KTP yg akan jadi pemilik baru) pada bagian arsip. Bagian arsip ini berada dibelakang mesjid, dibelakang gedung samsat. Tunggu sampai dipanggil

6.) Bawa berkas ke meja cek fisik untuk ditanda tangani dan disahkan.
7.) Kembali ke loket “CEK FISIK R2 & R4 PENDAFTARAN”. Ambil no antrian. Tunggu no antrian anda dipanggil. Saat anda dipanggil, serahkan berkas pada petugas. Tetap pegang no antreannya. Kembali duduk menunggu.
8.) Tunggu no antrian anda dipanggil petugas loket “CEK FISIK R2 & R4 PENYERAHAN”.
9.) Setelah anda menerima kembali berkas dari loket “CEK FISIK R2 & R4 PENYERAHAN”, serahkan berkas berikut fotokopi BPKB, STNK, KTP (masing-masing 2 lembar) di loket “MUTASI KELUAR”.
Loket MUTASI KELUAR

10.) Pada loket Mutasi Keluar, berkas diperiksa kelengkapannya. Jika lengkap, anda akan diberi formulir untuk pembayaran di loket BRI. Loket BRI berada di sebelah kiri loket Mutasi Keluar, letaknya yang paling ujung. Biayanya adalah 75 rb.
Loket Bank BRI


11.) Serahkan resi pembayaran dari BRI ke loket “MUTASI KELUAR” kembali. Anda akan mendapat resi tanda terima dokumen berikut fotokopi STNK dan BPKB yang dicap “MUTASI KELUAR”
Setelah berkas mutasi keluar selesai tinggal mutasi masuk ke polres kabupaten bandung. Enaknya kalau kendaraan punya KTP asli, bisa bayar PKB dimana saja .
Berkas milik saya dijanjikan akan selesai pada 11 juli 2012 depan. Nah gampang dan murah kan. Saya hanya bayar 75 rb di loket BRI. Di bagian/loket lain tidak ada pungutan maupun tips. Sampai tahap ini saya merasa puas atas kinerja Samsat Bandung Timur yang kinerjanya cepat, mudah dan ramah. Salut buat Samsat Bandung Timur dan Polda.

update :
12.) Pada 11 juli 2012 jam 14.45, saya menyerahkan resi di loket “Mutasi Keluar”. Petugas melihat jam dulu, kemudian mengurus berkas saya. Jam 15.15 selesailah berkas dan diserahkan ke saya. Ibu petugas memberi tahu bahwa proses selanjutnya adalah FISKAL di samsat bandung tengah di kawaluyan. Ibu petugas juga memberi tahu kalau saat itu samsat kawaluyan sudah tutup pada jam 15.00 . Ooooh pantes ibu tadi melirik jam dulu :) . Saya bertanya apakah ada batas kadaluarsa di proses mutasi ini? Apakah bisa saya lakukan mutasi masuk pada awal bulan agustus? Ibu petugas menjelaskan bahwa batas waktu mutasi adalah 14 hari setelah FISKAL. Jadi disarankan saya jangan melakukan proses FISKAL dahulu. Tidak ada biaya apapun yang harus dibayar pada proses pengambilan berkas.
13.) Pada 1 agustus 2012 sekitar jam 9 pagi, saya melakukan proses FISKAL di samsat bandung tengah di kawaluyan. Sebelum menyerahkan di bagian loket, lakukan fotokopi sebagian berkas. Bilang saja ke petugas fotokopi, fotokopi untuk fiskal. Selanjutnya berkas berikut fotokopi diserahkan di loket FISKAL. Setelah berkas selesai diperiksa, berkas dikembalikan pada saya. Selanjuntya saya menunggu panggilan. Sekitar setengah jam kemudian, saya dipanggil dan mendapat selembar kertas fiskal. Tidak ada biaya apapun yang harus dibayar pada proses FISKAL. Kecuali kalau ada denda atau kewajiban.
Updated 4 september 2012 :
adanya biaya tambahan diluar yg 75 rb, dimungkinkan karena PKB telah jatuh tempo saat pengurusan fiskal. Contohnya PKB kendaraan saya jatuh tempo tanggal 13 agustus, tapi saya mengurus fiskal pada tgl 1 Agustus. Jadi saya tidak perlu membayar PKB dan kewajiban lainnya. Lain ceritanya kalau saya urus fiskal pada 13 agustus atau sesudahnya. Jadi pastikan cabut berkas 2-3 bulan sebelum tanggal pajak:)
Lain samsat, lain propiinsim bisa beda sedikit prosedurnya. Contohnya untuknya Sleman :
Untuk jakarta :

Untuk BBN satu wilayah samsat tidak perlu cabut berkas, mutasi BBN satu hari selesai :

http://mulyantongeblog.blogspot.com/2013/03/bbn-satu-wilayah-samsat-itu-mudah-dan.html

Bagaimana jika alamat STNK berbeda dengan KTP/SIM? Yang dilakukan adalah :
1). Penyesuaian alamat STNK di samsat dengan form BBN II
2). Penyesuaian alamat BPKB di polda/polres
contohnya :


9 comments:

Ratu Mulya said...

Info yang berharga Bung Mulyanto.
Terima kasih ;)

Anonymous said...

mohon info mau BBN, stnk terdaftar di cikarang, mau ke jakarta timur

mymandapanda said...

makasih atas infonya mas.. mantaap!

Detektor Emas said...

Ini info yang saya cari cari, makasih banget infonya, semoga berpahala pak

mobileserviceboilers.blogspot.com said...

Terima kasih infonya, selama ini orang sudah berfikir susah dan mahal untuk cabut berkas

Dennis said...

Mas kalo mau cabut berkas n mutasi dr bdg ke jkt tp cek fisiknya dijakarta apa bisa (motornya sdh dijakarta)? Soalnya motornya jg lg mogok. Terima kasih sebelumnya.

Dennis said...

Mas kalo mau cabut berkas n mutasi dr bdg ke jkt tp cek fisiknya dijakarta apa bisa (motornya sdh dijakarta)? Soalnya motornya jg lg mogok. Terima kasih sebelumnya.

slamet wahyudi said...

kalo sudah cabut berkas, apa harus segera daftarkan ke daerah tujuan atau masih ada waktu?

mulyanto said...

harus didaftarkan ke samsat tujuan dalam waktu 14 hari sesudah cabut berkas tuntas.