Saturday, December 08, 2012

[Samsat] Memperkirakan Biaya Mutasi Kendaraan



Artikel saya di  mulyantogoblog.wordpress saya pindahkan kesini :
Oke setelah biaya cabut berkas sudah diketahui hanya 75 rb. Berapa sih biaya mutasi masuknya? Sebenarnya biaya resmi yah yang tertera pada STNK ditambah biaya buku/formulir BPKB. PKB dan BBNKB berdasarkan mobil baru atau bekas dan harga kendaraan. Harga kendaraan tidak berdasarkan kuitansi tapi berdasarkan penetapan samsat yaitu NJKB (NILAI JUAL KENDARAAN BERMOTOR) contohnya :
Mobil jadul saya NJKB-nya 13 juta.
Kalau anda kesulitan memperikirakan nilai NJKB, bisa dilihat dari nilai PKB yang ada di STNK. PKB pada tahun 2011 adalah 1.5 %, sedangkan PKB pada tahun 2012 adalah 1.75 %. Jadi kalau nilai PKB thn 2011 adalah 600 rb, berarti NJKB = (100/1.5) x 600 rb = 40 jt.


Jadi komponen-komponen biayanya :
- BBNKB. 10 % dari harga kendaraan untuk kendaraan baru (penyerahan pertama) dan 1 % dari harga kendaraan untuk kendaraan bekas (penyerahan kedua dan selanjutnya).
Untuk mobil bekas saya berarti 1% x 13 jt = Rp 130.000
- PKB. 1,75 % dari NJKB = 1.75% x 13 jt = Rp 227.500
- SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) untuk
mobil pribadi sampai 2400 cc adalah Rp 143.000
sumber hukum : http://www.jasaraharja.co.id/layanan/tarif-swdkllj
- Adm STNK Rp 75.000
- Adm TNKB Rp 50.000
- Formulir BPKB Rp 100.000

Jadi :
- BBNKB = Rp 130.000
- PKB = Rp 227.500
- SWDKLLJ = Rp 143.000
- Adm STNK Rp 75.000
- Adm TNKB Rp 50.000
- Formulir BPKB Rp 100.000
Total biaya resmi yang harus saya persiapkan untuk mutasi masuk adalah kira-kira adalah Rp 725.500 .
Kalau ditambah biaya mutasi keluar berarti kira-kira Rp 800.000.
Biaya tambahan lain yang mungkin adalah DENDA SWDKLLJ sebesar 100 rb. Loh mutasi sebelum habis pajak kok kena denda yah?
Pada samsat diluar kodya bandung, dimungkinkan ada biaya-biaya (tanpa resi/kuitansi, bayar langsung pada petugas :p ):
1. Foto kendaraan Rp 10 rb (mobil), Rp ? rb (motor)
2. Cek Fisik Rp 20 rb (mobil), Rp 5? rb (motor)
3. Pendaftaran dan Verifikasi Rp 150 rb (mobil), Rp 50 rb (motor)
Pada samsat yang tertib, setiap pembayaran memakai resi dan dibayarkan pada loket bank.
Contoh biaya resmi mutasi masuk untuk sepeda motor :

Misalnya NJKB motor adalah 10 juta, maka :

BBNKB        1% x 10 jt = Rp 100.000
PKB,              1,75 % dari NJKB = 1.75% x 10 jt = Rp 175.000
SWDKLJJ      Rp 35.000
Adm STNK    Rp 50.000
Adm TNKB    Rp 30.000
BPKB             Rp 80.000

Total             Rp 470.000


UPDATE 6 Desember 2011
Barusan teman kantor posting di status fesbuknya :
“Salut kpd Samsat Pusat Kota Bandung, pengurusan mutasi masuk, lancar, tanpa biaya sepeser pun, dan yang lebih penting, tidak ada pungli. :) “
saya konfirmasi lagi :
“hari ini baru masukin, Mas, jadi belum bayar pajak, dll. Seminggu lagi baru keluar no. registrasinya, nah abis tu baru bayar pajak, dll. Iya, prosesnya nda ada pungutan sama sekali, mulai dari cek fisik, sampai masukin berkas.”
Samsat pusat itu Samsat Bandung Timur yang di depan Carrefour Kircon.


UPDATE 13 Desember 2011

Teman kantor yang sedang mutasi mobil dari solo ke samsat bandung timur baru cerita kalau mutasinya tidak dikenakan BBN (Biaya Balik Nama) karena namanya tetap tidak berubah(pemilik tidak berubah). Hanya ganti alamat saja.
———————————————————————
DISCLAIMER :
Contoh dalam tulisan ini adalah menggunakan mobil charade XG10 tahun 1982. Tapi bisa juga dipakai untuk memperkirakan biaya mutasi kendaraan lainnya seperti motor atau mobil lain. Silahkan pelajari dan hitung sendiri untuk kendaraan anda :)
———————————————————————

68 comments:

anggara said...

informasinya sangat sangat bermanfaat mas Mulyanto...
matur nuwun sanget
seandainya mobil telat pajak kena denda kan ya pastinya, untuk cabut dan mutasi ke lain daerah...
bgmn prosedurnya?
terimakasih penjelasan dan informasinya...

mulyanto said...

Sudah baca http://mulyantongeblog.blogspot.com/2012/12/samsat-cabut-berkas-kendaraan-itu-mudah.html ?

Pada akhir cabut berkas, ada proses FISKAL, Pada proses ini denda pajak dihitung dan dibayar. Setelah lunas, anda akan dapat surat keterangan FISKAL telah lunas. Setelah surat fiskal keluar, kendaraan harus dimutasi masuk dalam waktu 14 hari setelah tanggal surat fiskal.

g4z3b0 said...

nice info gan ...
saya mau ngurus sendiri nih, cabut berkas di Samsat Bdg Timur, masukkin berkas di Samsat Cimahi.

Tanya :
1. bayar Fiskal kok di Samsat Bdg Tengah Kawaluyaan yah?

2. cabut berkas berapa hari?

mulyanto said...

1. ya, bayar fiskal sesudah berkas selesai di samsat bdg timur
2. mobil 1 bulan, motor mungkin lebih cepat

Emak Pingin Ngeblog said...

Terima kasih....benar-benar bermanfaat informasinya terutama untuk saya yang baru kena pungli saat cabut berkas....
Nanti saat pengurusan lanjutannya saya sudah punya bekal informasi yang cukup...
HATUR NUHUN PISAN...

Anonymous said...

mutasi dari kota pekalongan 450rb dan mutasi masuk ke kab pekalongan 550rb,padahal cuma motor gl pro th 96.habis deh 1jt...

akri said...

selamat siang.mas mulyanto..
mau tanya
saya beli.motor di lumajang jatim trus mau saya mutasi ke bondowoso jatim.kira2 habis berapa yah?
jumpiter z 2008
telat stnk 3bln
kena lapor jual oleh pemilik pertama
??
matur nuwun

Ainxs said...

Ok, terimakasih info nya,.. Saya rencana mau cabut berkas mobil, mutasi ke ciamis.

Ratu Mulya said...

Valuable info bung Mulyanto,
thanks ;)

BONE PUTRA PERSADA said...

Maaf pak saya mau tanya kira2 berapa biaya mutasi mobil avanza dari jakarta ke balikpapan, thanks

huda haqiqi said...

ass. mas minta infonya . kalau mutasi dari kebumen ke klaten jateng kira kira habis berapa dana..
motor gl 125 th 1979

creamy said...

Mau tanya mas.. Jd skrg kl cm pindah alamat tp nama kepemilikan msh sm ga kena biaya appun? Mksih info'y...

okeboy said...

mutasi keluar motor crypton dari kota cirebon 250, cek fisik 5 rb, petugas fiskal minta 20 ribu (tanpa bukti apa2, bayar denda 15 ribu. Masuk ke kabupaten photo 15 ribu, cek berkas 10 ribu, biaya buku bpkb 80 ribu, biaya di stnk 330 ribu....capek deh..

ersando said...

MAS KALO' MAU MUTASI civic wonder tinggal masuk ke magetan jawa timur kira kira berapa ya...? mohon dibantu

Lusy Febrina said...

Pagi Mas.. maaf mau tanya klu biaya bbn dr bandung ke depok kira2 brp ya biaya nya? untuk mobil avanza 2011.. biar ada gambaran nih.. thanks sblumnya

andri said...

ass,sy bl mtor mio 2006 seken di stnk samsat bandung barat habis pajak dn plat no 13 agustus 2013 kalo mau mutasi dan balik nama ke samsat cipasir kira2 biayanya brpa prosedurny harus kmn dulu ktp penjualnya ga ada udah pindh keluar kota mhon pencerahan.trma ksh

mulyanto said...

Prosesnya :
1. Cabut berkas di samsat bandung barat
contoh : http://mulyantongeblog.blogspot.com/2012/12/samsat-cabut-berkas-kendaraan-itu-mudah.html

2. Mutasi ke samsat cipasir :
contoh : http://mulyantongeblog.blogspot.com/2012/12/samsat-mutasi-masuk-mobil-di-samsat.html
Pak Andri terlambat kalau mutasi sekarang. Cabut berkas itu biasanya 1 bulan, kalau cabut berkas sekarang maka berkas baru keluar akhir agustus jadi harus PKB dsb. Nanti pas mutasi masuk bayar PKB dsb lagi, jadi dobel dan mahal. Pilihannya :
1. Perpanjang dulu, cabut berkas dan mutasi bulan meei-juni tahun depan
2. Balik nama ke KTP bandung barat (pinjam KTP teman/saudara)

andri said...

oh jd skrng perpanjang stnk sm gnti plat no dl gt mas,apa sy harus ngurus d samsat bandung barat sesuai di stnk atau bs d cpasir sy tinggal d cicalengka.kira2 biayany brp untuk prpnjang sm gnti plat no mtor sy 2006

mulyanto said...

Itu bayar pajak tahunan apa bayar pajak 5 tahunan(ganti stnk dan plat nomer)?

Bayar pajak tahunan :
- PKB + SWDKLLJ

Bayar pajak 5 tahunan :
- PKB + SWDKLLJ + STNK + TNKB

Cabut berkas dan Mutasi masuk :
- biaya cabut + PKB + SWDKLLJ di samsat bandung barat
- BBNKB + PKB + SWDKLLJ + STNK + TNKB + BPKB di samsat cipasir

Kalau perpanjang yah di samsat bandung barat, mesti pakai biro jasa. Nambah 50 - 100 rb. Kalau belum diblokir, kalau sudah diblokir yah mesti mutasi.

mulyanto said...

Tapi tanya dulu ke samsat bandung barat, siapa tahu cabut berkas cuman 1-3 hari.

andri said...

trima kasih bnyak mas info nya lengkap banget.oh y mas kata temen stnk habis plat no habis kluar stnk nya 3-4 bln apa bner mas

andri said...

stnk sama plat no hbs bln agustus skrng mas jd gnti stnk sm plat no mas.kalo misal d blokir harus mutasi skarang gt mas

mulyanto said...

iyah seluruh indonesia lagi kehabisan STNK dan BPKB, jadi mesti nunggu lama. Yah kalau sudah diblokir, mesti mutasi sekarang.

andri said...

mas sy dah nanya2 ke biro jasa kalo mutasi terima beres 1,7jt katanya.kalo ngurus sendiri gmn mas bpkb sy masih d bank apa bs mutasi tnpa bpkb asli atau gmn mas

mulyanto said...

wah ngga tahu kalau BPKB masih di bank.

Hary SmiLe CeLL said...

satria fu 06 mutasi keluar (JATIM )

*cek fisik + fc DAN KWITANSI jb Rp 20.000
*masuk fiskal,harus bayar PKB 2th & SWDKLLJ krn mati Rp 325.000,- (actualnya 301.500,- di STNK)
*masuk loket mutasi keluar Rp 75.000,-
*proses slanjutnya check ulang BPKB dipolres 130.000,-(sdh trmasuk ongkir kkota tujuan,stelah dicheck.proses 10sd14hari slesai)
*total Rp 550.000,- mutasi kota-kekota (JATIM)

*saran
-utamakan pesiapkan surat2 yg lgkap dan dana sbelum mlakukan mutasi masuk & kluar,agar proses lancar.
-simpan baik2 srt2 dn dokumen swktu plksanan mutasi,agr trhndar dr trcecer.
-mntalah kwitansi/brtanyalah kpda ptugas dsetiap loket/kasir swktu pmbyran dlakukan,agar kta thu uang yg kita byar buat apa...

*Salam sukses*

Hary SmiLe CeLL said...

satria fu 06 mutasi keluar (JATIM )

*cek fisik + fc DAN KWITANSI jb Rp 20.000
*masuk fiskal,harus bayar PKB 2th & SWDKLLJ krn mati Rp 325.000,- (actualnya 301.500,- di STNK)
*masuk loket mutasi keluar Rp 75.000,-
*proses slanjutnya check ulang BPKB dipolres 130.000,-(sdh trmasuk ongkir kkota tujuan,stelah dicheck.proses 10sd14hari slesai)
*total Rp 550.000,- mutasi kota-kekota (JATIM)

*saran
-utamakan pesiapkan surat2 yg lgkap dan dana sbelum mlakukan mutasi masuk & kluar,agar proses lancar.
-simpan baik2 srt2 dn dokumen swktu plksanan mutasi,agr trhndar dr trcecer.
-mntalah kwitansi/brtanyalah kpda ptugas dsetiap loket/kasir swktu pmbyran dlakukan,agar kta thu uang yg kita byar buat apa...

*Salam sukses*

mulyanto said...

Terima kasih banget Hary SmiLe CeLL atas sharing pengalamannya.

oa said...

pak biaya balik nama dr jakarta selatan ke banyuwangi?mobil avanza 08 di stnk tertera 1﹑7 jt pajak tiap tahunnya.an perusahaan ke pribadi
Katanya dijatim ada pemutihan.mksdnya gmna?apa g ada biaya bbn?
Trima ksh pak jwbnnya

Anonymous said...

numpang tanya mas..
Kalau BBNKB dan PKB motor matic th 2011 untuk balik nama satu wilayah jaktim berapa yah kira kira ...
makasih sebelumnya..

oncom said...

cabut berkas dr tpt asal tp motor sudah d'tempat baru , bisakah dilakukan tanpa cek fisik ?

oncom said...

cabut berkas dr tpt asal tp motor sudah d'tempat baru , bisakah dilakukan tanpa cek fisik ?

Anonymous said...

Mas mau tnya, sy baru cabut berkas dr lampung tp fiskal belum terbit. Kira2 keburu ga ya kl bayar pajak 5than smpai 7 nov 2013? Trus kira2 abis brp mas mau mutasi ke palembang? Terima kasih

Anonymous said...

Mas mau tnya, sy baru cabut berkas dr lampung tp fiskal belum terbit. Kira2 keburu ga ya kl bayar pajak 5than smpai 7 nov 2013? Trus kira2 abis brp mas mau mutasi ke palembang? Terima kasih

Anonymous said...

Mas mau tnya, sy baru cabut berkas dr lampung tp fiskal belum terbit. Kira2 keburu ga ya kl bayar pajak 5than smpai 7 nov 2013? Trus kira2 abis brp mas mau mutasi ke palembang? Terima kasih

asep cyo said...

ass mas klw saya mau mutasi dari kabupaten bandung ke kodya kira-kira berapa yah, biasanya saya bayar di samsat bandung barat jl Raya cimareme,
makasih mas Mulyanto

imam's blog said...

assalamualaikum mas, saya mw nanya klo perpindahan kendaraan luar negeri ke indonesia kira-kira pembiayaannya habis berapa yah hingga jadi BPKB dan STNK tangerang, lalu prosesnya bagaimana?

terimakasih

faul kediri said...

pak, mutasi dan baliknama, dari plat samarinda (kaltim-kt) ke Kediri (jawatimur- ag), kalau beda propinsi seperti itu prosesnya bagaimana ya Pak ???

Biaya nya apa lebih mahal ??

desi sari said...

pak mau tanya kalau stnk telat 13 thn gmana pak apakah perpanjangan dulu 13 thn yg nunggak atau lgsung mutasi dngan bayar dendanya aja ppak

mulyanto said...

Tunggakan pajak+denda2 lainnya harus dilunasi dulu sebelum mutasi.

Anonymous said...

Mas mau tanya, klo mau balik nama motor 2011 bandung barat (kodya) sedangkan saya d bdg timur (kodya) apa perlu cabut berkas dl? Atau bs lsgs ke samsat bdg tmr? Trima.kasih

mulyanto said...

kayaknya sih tetap harus cabut berkas dulu di samsat bandung barat(kodya)

yoen coemy said...

mas, mau tanya
klo bayar pajak kendaraan tahunan tnp KTP (fhotocopy/ASLI) bisakah tdk lwt biro jasa?
mau saya mutasi waktunya mepet,jd mau bayar dlu pajaknya.
Mhon pencerahan

mulyanto said...

coba tanya langsung biro jasa :)

yoen coemy said...

maksudnya gak akan lewat biro jasa,bisa gak?

yoen coemy said...
This comment has been removed by the author.
mulyanto said...

Mestinya sih ngga mesti pakai KTP asli. Pakai SIM asli juga bisa, asal nama-alamat nya sama persis. Tanpa SIM/KTP asli yah ngga bakal bisa kalau diurus sendiri menuruti prosedur normal. Prosedurnya yah mesti mutasi alamat dulu (kalau nama atau pemiliknya sama).

gugun said...

Mas ikut nimbrung nih kalo mutasi dari depok ke bandung untuk mobil kira2 berapa biayanya ya. Mksh mas

hary said...

assalaamu'alaikum...mas, klw mutasi motor dr kab. kampar, riau ke padang, kira2 biayanya brp ya?

didi said...

mas, saya mobil sy thn 72 plat bogor ,stnk mati 13 april 2007 dan msh nama org,saya rncna mau mutasi k jkt, apa akan kena pajak dobel juga klo ngurus skrg? trmksh

Anonymous said...

mas, mau nanya. mobil sy pajak mti 13 april 2007, plat bogor, atas nama orang lain, sy rwncana mau mutasi k jakrta, apa kena pajak double jg nntnya? baiknya gmn ya?

tivany said...

Numpang nanya jg, sy br mutasi spd. Motor butut rakitan 2006 Honda 125 R dr M. Enim Sum-Sel Rp.600.000.... dan mutasi masuk di Samsat Delanggu Klaten Ja-teng sedang berjalan br sampai isi Formulir udh 100.000 rb melayang tanpa kwitansi... blm mskkn formulir isiannya nanti entah brp tp sy disuruh siapin uang Rp. min. Rp.600.000. Wajar gak sih,,, sedang hrg jual kembali aja mgk gk sampai sigitu,,,

sebenarnya ada gak yah standar brp Rupiah untuk mutasi masuk dan keluar di masing2 daerah??? kenpa setiap tarikan gak pernah ada kwitansi, atau bayar all in cash di kasir jd ada rincian.

jd melenceng nih ceritane, oyah,,,, kira2 brp ya duit yg sy siapin u/ biaya diatas... mksh....

Elf. Yuri said...

Pak brp biaya pengurusan mutasi Mobil peuqeot 306 Dari Jakarta kepalembang Dan berapa lama terima kasih ditunggu infonya

Agung Prahardanto said...

Mas mau tanya,klo sy punya kendaraan seken yang kena pajak progressif.apakah klo nti saya balik nama ke nama saya apakah pajaknya bisa kembali normal?trus kira2 klo untuk biaya balik nama dari kabupaten bandung k ke kabupaten bandung berapa kisarannya?mohon pencerahannya,makasih.

Agung Prahardanto said...

Mas mau tanya,klo sy punya kendaraan seken yang kena pajak progressif.apakah klo nti saya balik nama ke nama saya apakah pajaknya bisa kembali normal?trus kira2 klo untuk biaya balik nama dari kabupaten bandung k ke kabupaten bandung berapa kisarannya?mohon pencerahannya,makasih.

Agung Prahardanto said...

Mas mau tanya,klo sy punya kendaraan seken yang kena pajak progressif.apakah klo nti saya balik nama ke nama saya apakah pajaknya bisa kembali normal?trus kira2 klo untuk biaya balik nama dari kabupaten bandung k ke kabupaten bandung berapa kisarannya?mohon pencerahannya,makasih.

mulyanto said...

iyah pajak normal dong kalau anda baru punya mobil.
Biaya yah kira2 bayar pajak baru(1.75% NJKB) + BPKB(100 rb) + PNKB(1% NJKB) dan mungkin SWDKLJJ + STNK dan plat nomer

mulyanto said...

http://mulyantongeblog.blogspot.com/2013/07/pengalaman-balik-nama-mobil.html

Iqbal Mohammed said...

Pak saya mau tanya, kemarin beli motor bekas surat surat lengkap tapi pajak telat 3 tahun dan saya berniat memperpanjangnya, tapi ktp asli pemilik tidak ada cuma ada fotokopinya saja,, apakah masih bisa pak? terima kasih sebelumnya

Iqbal Mohammed said...

motor saya plat kab. bandung dan berniat ke samsat rancaekek,, saya sudah kasih birojasa tapi belum kelar juga

Anonymous said...

mas mau tanya....kebetulan saya sedang mengurus mutasi kendaraan kantor....saat mutasi fortuner(pakai biro jasa)BBNKB adalah 0...namun saat mengurus mutasi innova(urus sendiri) dikenakan BBNKB sebesar 20juta....saya jadi bingung...perhitungan yg sebenarnya bagaimana ya.....makasih

mulyanto said...

BBNKB 0 rupiah saat mutasi mungkin karena saat itu ada pemutihan. Biasanya 5 tahun sekali ada pemutihan. Pada pemutihan biaya BBNKB adalah 0 dan denda2 juga 0 rupiah.

nando segan said...

kang, mau tanya .
saya mau mutasi motor dr karawang ke bandung .
nah, biaya cabut berkas skitar brapa ? dan biaya mutasi masuk skitar berapa ?
soalnya saya tanya ko hampir 1,5jt .
diluar prakiraan saya .
sementara cabut berkas sudah beres semua, yg saya baca hanya 75rb saja .
jd harga yg saya tanyakan tidak masuk akal .
makasi sebelumnya, kang .

Anonymous said...

Pak, mohon pencerahan untuk proses mutasi dari jakarta ke bandung, pada saat urus mutasi keluar dr samsat jakarta apakah motor wajib dibawa untuk cek fisik dijakarta?

atau cek fisik cukup dilakukan di tempat pendaftaran baru di bandung?

Kalau harus dibw kejkt ribet banget soalnya ya biaya jd sangat besar.

thx

mulyanto said...

Minta cek fisik bantuan ke samsat di bandung. Berkas hasil cek fisik dibawa ke jakarta.

ahmedhie said...

Mas..saya beli mobil accord cielo 94 plat B, lokasinya di papua barat. Rencana saya mau mutasi dan balik nama. Kira-kira estimasi biayanya berapa yah mas...karena kondisi pajaknya mati dari tahun 2010. STNK habis bulan september 2014.mhn infonya mas

Athaya Maulida said...

kang, mau tanya kalau pindah alamat motor dari kotamadya ke kabupaten Bandung timur dengan nama pemilik yang sama harus bayar apa saja atau hanya pindah berkas saja

Athaya Maulida said...

kang,sekalian minta infonya, untuk SIM alamat kotamadya pindah ke kabupaten harus bikin baru lagi atau hanya tinggal perpanjang saja