Thursday, January 24, 2013

Cara Mengamankan Facebook

Hingga kini saya masih mendengar curhat teman yang kehilangan facebooknya karena dirampas orang.  Agar facebook anda aman dari perampasan, biasakan :

1. Jangan login di PC umum, warnet, perpustakaan dsb. Selalu gunakan PC pribadi. HP pribadi bisa, tapi HP kan mudah hilang juga.

2. Jangan sembarang klik link di facebook. Kalau anda penasaran, klik kanan pada link tersebut dan klik "copy link address". Buka browser lain, misalnya anda fesbukan dengan chrome, yah buka firefox. Jangan login fesbuk di firefox ini. Selanjutnya tempatkan kursor pada address bar, klik kanan dan pilih "paste and go". Kalau minta login fesbuk yah, jangan login. Lupakan link itu.

3. Jangan gunakan password yang sama untuk fesbuk dan email. Jangan pernah memberi tahu password email anda.

4. Facebook yang dirampas tidak bisa diambil alih lagi karena emailnya juga dicuri. Makanya gunakan password email yang beda dengan password email. Selanjutnya gunakan  Gmail dengan 2-Step verification. Dengan "2-Step verification" maka penggunaan gmail pada pc/hp baru akan terlebih dulu dikonfirmasi lewat sms. Misalnya anda biasa pakai gmail PC rumah, begitu anda login gmail di PC kantor untuk pertama kalinya maka anda diminta mengisi password yang dikirim via sms ke HP anda. Jadi orang lain yang tahu password gmail anda tak akan pernah bisa membuka gmail di tempat lain. Demikian juga jika hendak mengganti password, harus verifikasi dulu via sms. Jadi password emailnya tidak bisa diganti sembarang orang walau tahu passwordnya. Bagaimana jika HP hilang? Jangan khawatir, disediakan juga no HP cadangan. Jadi gunakan no HP yng selalu dirumah sebagai cadangan.

Berikut langkah2 mengaktifkan  2-Step verification :

Klik pada "account" pada pojok kanan atas gmail anda :



Akan dibuka halaman baru yaitu "Account overview ". Klik pada "manage security" di pojok kiri bawah:




Aktifkan 2-step verification :


5. Dan terakhir jangan tergiur iming2 tawaran blackberry atau HP yang minta password fesbuk anda, alasannya biasanya untuk marketing toko HP. Itu bohong!

Selamat mencoba.

No comments: