Saturday, January 26, 2013

[Charade] Mengganti Tie Rod


Menindak lanjuti masalah tie rod, saya dongkrak kedua roda xg10. Cek roda depan kanan, hasilnya oke. Cek roda depan kiri, goyang roda bawah dan atas oke, goyang roda depan belakang… eh goyang. Dilihat  tie rod-nya sambil digoyang, memang  tie rod-nya sudah oblak dikit.
Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.

Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.


Inilah  tie rod yang oblak


Buka mur dengan kunci 17 dengan memutar searah jarum jam
Weleh susah banget melepas mur ini, semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… masih belum bergerak sedikitpun. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… mur-nya masih belum bergerak juga. Sempat menyesal, kenapa ngga dibawa ke bengkel saja :D . Semprot lagi dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… horee murnya mau berputar dikit. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… murnya pun mau berputar lancar :) .


Luruskan kawat penjepit mur dengan tang
Selanjutnya melepas mur pada bagian bawah tie-rod. Luruskan dulu kawat pengganjal dengan tang. Setelah lurus, tarik kawat keluar.


Tarik keluar kawatnya
Selanjutnya copot murnya.


Copot mur dengan kunci 17
Melepas baut tie rod dengan menggunakan palu :)


Ketok keatas baut tie rod dengan palu
Penggunaan palu sebenarnya tidak ada di manual, seharusnya menggunakan alat khusus. Kalau baut tie-rod sudah lepas, selanjutnya melepas tie rod dari rack end.


Lepas tie rod dengan menggunakan dua kunci 17. Kencangkan mur sampai mentok. Kunci pada mur selanjutnya sebagai penahan. Putar kunci 17 yang pada tie-rod berlawanan arah jarum jam.


Kalau sudah ringam diputarnya, copot dengan tangan kosong.


Tarrrraaaa...  tie rod pun terlepas.
Laporan kali ini hanya cara melepas  tie rod. Cerita mencari dan memasang tie rod baru nanti sesudah gajian bulan depan :D hahahahaha.
Update 31 maret 2011 :

Tadi sudah beli  tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya :D (gara-gara pake palu). Hikmahnya mendingan beli  tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring :) .

Cerita selanjutnya :

2 comments:

Arif Rahmatullah said...

nanya dong...
kalo ban depan ga sama, yang kanan agak belok/atau yang kiri yah... pokoknya gtu deh...

Kira2 masalahnya dimana yah? yang mesti di betulin apanya...?

Terima Kasih

Arif Rahmatullah said...
This comment has been removed by the author.